RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SOSIOLOGI KURIKULUM 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA NEGERI 2 CIANJUR
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X IIS/1
Alokasi waktu : 24 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti (KI)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/ atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat
3.2 Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat
3.3 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di masyarakat
3.4 Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
4.1 Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis
4.2 Mengolah realitas individu, kelompok dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat
4.3 Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat
4.4 Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
3.2 Mengenalisis berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
3.3 Menjelaskan karakteristik dan macam-macam gejala sosial
3.4 Menjelaskan tingkatan gejala sosial
3.5 Menjelaskan pengertian sosiologi
3.6 Menjelaskan sosiologi sebagai suatu ilmu
3.7 Menjelaskan objek kajian sosilologi
3.8 Menjelaskan peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
4.1 Mengkaji pengertian sosiologi
4.2 Mendiskusikan objek kajian sosiologi
4.3 Menyimpulkan fungsi sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyrakat
D. Materi Pembelajaran
Reguler (sumber buku Esis)
1. Manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
2. Berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
3. Karakteristik dan macam-macam gejala sosial
4. Tingkatan gejala sosial
5. Pengertian sosiologi
6. Sosiologi sebagai suatu ilmu
7. Objek kajian sosilologi
8. Peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Remedial
Membuat peta konsep mengenai bab fungsi sosiologi
Pengayaan
1. Metode ilmu pengetahuan dari buku Pengantar Sosiologi karangan Elly dan Usman halaman 20.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Discovery learning
|
Apersepsi
· Peserta didik memberi salam, dan membaca doa
· Peserta didik mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Peserta didik mengemukakan tentang materi yang lalu !
Orientasi
· Pada pertemuan pertama guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
Motivasi
· Peserta didik dibimbing untuk memberi contoh tentang Manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu di kehidupan sehari-hari.
Pemberian Acuan
· Peserta didik mengetahui tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Stimulation (stimullasi / Pemberian rangsangan)
2. Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah
3. Data collection (pengumpulan data)
4.Data processing (pengolahan Data)
5. Verification (pembuktian)
6. Generalization
|
Mengamati
· Peserta didik mendapatkan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
· Peserta didik mengamati gambar mengenai manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
· Peserta didik membaca buku teks mengenai Manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
Menanya
· Setelah mengamati gambar manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
· Peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan globalisasi
· Peserta didik bertanya tentang manusia sebagai mahluk individu
· Peserta didik bertanya mengenai manusia sebagai mahluk sosial.
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mencari berbagai informasi melalui media internet untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang:
· Pengertian manusia sebagai mahluk individu
· Pengertian manusia sebagai mahluk sosial
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh dari mengumpulkan informasi di atas, dihubungkan dengan contoh yang terjadi pada masyarakat
Mengomunikasikan
- Mengemukakan hasil pengumpulan data melalui internet di hadapan kelas.
- Melakukan kegiatan tanya jawab.
- Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan hasil diskusi.
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru melakuakan klarifikasi mengenai hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai Manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk individu
|
20 menit
|
2. Pertemuan ke 2 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Discovery learning
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
Orientasi
· Pada pertemuan ini guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
Motivasi
· Memberi contoh mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat yang terjadi di kehidupan sehari-hari.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.Stimulation (stimullasi / Pemberian rangsangan)
2.Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah
3.Data collection (pengumpulan data)
4.Data processing (pengolahan Data)
5. Verification (pembuktian)
6. Generalization
|
Mengamati
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
· Guru menayangkan video mengenai mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
· Mengamati video mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
· Membaca buku teks mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
Menanya
Setelah mengamati video mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat, peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mencari berbagai informasi melalui media internet untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang:
· Mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh dari mengumpulkan informasi di atas, dihubungkan dengan contoh yang terjadi pada masyarakat
Mengomunikasikan
- Mengemukakan hasil pengumpulan data melalui internet di hadapan kelas.
- Melakukan kegiatan taya jawab.
- Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan hasil diskusi.
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru melakuakan klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai berbagai gajala sosial yang terjadi pada masyarakat yang dipelajari
|
20 menit
|
3. Pertemuan ke 3 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Discovery learning
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
Orientasi
· Pada pertemuan ini guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial.
Motivasi
· Memberi contoh mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.Stimulation (stimullasi / Pemberian rangsangan)
2.Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah
3.Data collection (pengumpulan data)
4.Data processing (pengolahan Data)
5. Verification (pembuktian)
6. Generalization
|
Mengamati
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
· Guru menyajikan wacana mengenai mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial
· Mengamati wacana mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial
Membaca buku teks mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial
Menanya
Setelah mengamati wacana mengenai mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial, peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan karakteristik dan macam-macam gejala sosial
· Karakteristik gejala sosial di masyarakat
· Macam-macam gejala sosial yang ada di masyarakat.
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mencari berbagai informasi melalui media internet untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang:
· Karakteristik gejala sosial
· Macam-macam gejala sosial
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh dari internet mengumpulkan informasi di atas, dihubungkan dengan contoh yang terjadi pada masyarakat
Mengomunikasikan
- Mengemukakan hasil pengumpulan data melalui internet di hadapan kelas.
- Melakukan kegiatan taya jawab.
- Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan hasil diskusi
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru melakukan klarifikasi mengenai hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai karakteristik dan macam-macam gejala sosial
|
20 menit
|
4. Pertemuan ke 4 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Discovery learning
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
Orientasi
· Pada pertemuan ini guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai tingkatan gejala sosial?
Motivasi
· Memberi contoh mengenai tingkatan gejala sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.Stimulation (stimullasi / Pemberian rangsangan)
2.Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah
3.Data collection (pengumpulan data)
4.Data processing (pengolahan Data)
5. Verification (pembuktian)
6. Generalization
|
Mengamati
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
· Guru menyajikan wacana mengenai tingkatan gejala sosial
· Mengamati gambar mengenai tingkatan gejala sosial
· Membaca buku teks mengenai mengenai tingkatan gejala sosial
Menanya
Setelah mengamati gambar bentuk mengenai tingkatan gejala sosial, peserta didik dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan mengenai tingkatan gejala sosial
· Tingkatan gejala sosial
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mencari berbagai informasi melalui media internet untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang:
· Tingkatan gejala sosial
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh dari internet mengumpulkan informasi di atas, dihubungkan dengan contoh yang terjadi pada masyarakat
Mengomunikasikan
- Mengemukakan hasil pengumpulan data melalui internet di hadapan kelas.
- Melakukan kegiatan taya jawab.
- Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan hasil diskusi
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru melakukan klarifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai tingkatan gejala sosial
|
20 menit
|
5. Pertemuan ke 5 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Inquiry
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
ORIENTASI
· Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai pengertian sosiologi?
Motivasi
· Memberi contoh mengenai pengertian sosiologi.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Menyajikan fenomena
2. Melakukan observasi
3. Merumuskan masalah
2. Mengajukan hipotesis
3. Mengumpul kan data
4. Menganalisis data
5. Menyimpulkan
|
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
Guru memberikan kajian mengenai pengertian sosiologi
Mengamati
· Mengamati kajian mengenai pengertian sosiologi
· Membaca buku teks mengenai pengertian sosiologi
Menanya
Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah:
· 1. Pengertian sosiologi menurut para ahli?
Guru menugaskan peserta didik untuk merumuskan hipotesis bersadarkan rumusan masalah
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai mengenai pengertian sosiologi
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh kemudian diasosiasikan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik
Peserta didik dipersilahkan untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran.
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru mengklarifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai pengertian sosiologi
|
20 menit
|
6. Pertemuan ke 6 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Inquiry
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
ORIENTASI
· Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu?
Motivasi
Memberi contoh mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Menyajikan fenomena
2. Melakukan observasi
3. Merumuskan masalah
4. Mengajukan hipotesis
5. Mengumpul kan data
6. Menganalisis data
7. Menyimpulkan
|
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
Guru memberikan kajian mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu.
Mengamati
· Mengamati kajian mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu.
Menanya
Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah:
· 1. Mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu?
Guru menugaskan peserta didik untuk merumuskan hipotesis bersadarkan rumusan masalah
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu.
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh kemudian diasosiasikan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik
Peserta didik dipersilahkan untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran.
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru mengklarifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai sosiologi sebagai suatu ilmu
|
20 menit
|
7. Pertemuan ke 7 (3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Inquiry
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
ORIENTASI
· Guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mengenai objek kajian sosiologi?
Motivasi
· Memberi contoh mengenai objek kajian sosiologi.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Menyajikan fenomena
2. Melakukan observasi
3. Merumuskan masalah
4. Mengajukan hipotesis
5. Mengumpul kan data
6. Menganalisis data
7. Menyimpulkan
|
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
Guru memberikan gambar mengenai objek kajian sosiologi.
Mengamati
· Mengamati gambar mengenai mengenai objek kajian sosiologi.
· Membaca buku teks mengenai objek kajian sosiologi
Menanya
Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah:
· 1. Bagaimana hasil identifikasi mengenai objek kajian sosiologi?
Guru menugaskan peserta didik untuk merumuskan hipotesis bersadarkan rumusan masalah
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mengumpulkan informasi mengenai contoh-contoh objek kajian sosiologi.
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh kemudian diasosiasikan dengan kehidupan sehari-hari Peserta didik
Peserta didik dipersilahkan untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran.
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru mengklarifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai objek kajian sosiologi
|
20 menit
|
8. Pertemuan ke 8 ( 3 Jam Pelajaran)
Langkah Pembelajan
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Discovery learning
|
Apersepsi
· Guru memberi salam, mempersilahkan salah satu Peserta didik untuk memimpin doa selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak hadir dalam pembelajaran hari ini?
· Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya
· Guru bertanya tentang materi yang lalu !
Orientasi
· Pada pertemuan ini guru bertanya “apakah peserta didik sudah pernah mendengar mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat?
Motivasi
· Memberi contoh mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat.
Pemberian Acuan
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau IPK yang akan dicapai.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.Stimulation (stimullasi / Pemberian rangsangan)
2.Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah
3.Data collection (pengumpulan data)
4.Data processing (pengolahan Data)
5. Verification (pembuktian)
6. Generalization
|
Mengamati
· Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
· Guru menayangkan video mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat.
· Mengamati video mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat.
· Membaca buku teks mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
Menanya
Setelah mengamati video mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat, peserta didik mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
· Peran sosiologi
· Fungsi sosiologi
Mengumpulkan informasi/mencoba
Peserta didik mencari berbagai informasi melalui media internet untuk mengumpulkan informasi. Data -data yang dibahas tentang:
· Peran sosiologi
· Fungsi sosiologi.
Menalar/mengasosiasi
Data-data yang diperoleh dari internet mengumpulkan informasi di atas, dihubungkan dengan contoh yang terjadi pada masyarakat
Mengomunikasikan
- Mengemukakan hasil pengumpulan data melalui internet di hadapan kelas.
- Melakukan kegiatan taya jawab.
- Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan hasil diskusi
|
100 menit
|
Kegiatan Penutup
|
- Guru meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan pembelajaran
- Merefleksi proses pembelajaran mengenai peran dan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
|
20 menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik penilaian
1.1 Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi, kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis, sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis dan tes lisan
2.1 Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada kejujuran, disiplin dan tanggung jawab.
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada isi materi, kesesuaian dan tampilan gambar, dan penyajian.
Instrumen laporan menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada sistematika penulisan, data yang dianalisis, dan kesimpulan.
a. Penilaian Sikap Jurnal dan pengamatan
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENGAMATAN
|
JML SKOR
|
NILAI
|
KET
| |||
TANGGUNG JAWAB
|
KEAKTIFAN
|
SANTUN
|
JUJUR
| |||||
1
|
√
|
√
|
√
|
√
| ||||
2
|
√
|
√
|
√
|
√
| ||||
3
|
√
|
√
|
√
|
√
| ||||
4
|
√
|
√
|
√
|
√
|
KETERANGAN SKOR
MASING-MASING KOLOM DIISI DENGAN TANDA CEKLIS (√)
4 Ceklis (√) = BAIK SEKALI
3 Ceklis (√) = BAIK
2 Ceklis (√) = CUKUP
1 Ceklis (√) = KURANG
NILAI = Modus nilai (nilai yang sering keluar)
B. Penilaian Kognitif instrumen, rubrik, penskoran, kunci jawaban
1) Soal Uraian 1
Penilaian 1 :
1
|
1
| |||||||||||||||||||
2
|
2
| |||||||||||||||||||
3
| ||||||||||||||||||||
Mendatar :
1. Sosiologi merupakan ilmu positif (studi ilmiah) tentang masyarakat sehingga bertujuan untuk mengetahui masyarakat sehingga dengan pengetahuan tersebut seseorang dapat menjelaskan, meramal dan mengontrol masyarakat
2. Poses bertindak (aksi) dan membalas tindakan (reaksi) yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan orang lain
3. Kelakuan atau tingkah laku yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat
Menurun :
1. Sekelompok individu yang memiliki kepentingan bersama dan budaya serta lembaga yang
2. Suatu proses ketika anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat tempat ia menjadi anggota kelompoknya
Jawaban dan Penskoran
1 A
|
U
|
G
|
U
|
S
|
T
|
C
|
O
|
1M
|
T
|
E
| ||||||||||
A
| ||||||||||||||||||||
2I
|
N
|
T
|
E
|
R
|
A
|
K
|
S
|
I
|
S
|
O
|
2S
|
I
|
A
|
L
| ||||||
Y
|
O
| |||||||||||||||||||
A
|
S
| |||||||||||||||||||
R
|
I
| |||||||||||||||||||
A
|
A
| |||||||||||||||||||
K
|
L
| |||||||||||||||||||
A
|
I
| |||||||||||||||||||
T
|
S
| |||||||||||||||||||
A
| ||||||||||||||||||||
S
| ||||||||||||||||||||
3P
|
E
|
R
|
I
|
L
|
A
|
K
|
U
|
M
|
E
|
N
|
Y
|
I
|
M
|
P
|
A
|
N
|
G
| |||
- Nilai=∑ Skor Perolehan X 100
Skor Maksimal
Keterangan Nilai
A = 85-100 : Baik Sekali
B = 70-84 : Baik
C = 55-69 : Cukup
D = <55 span="" style="mso-spacerun: yes;"> 55>: Kurang
b. Penilaian hasil belajar pertemuan ke 2
1. Manakah dari pernyataan berikut ini yang melatar belakangi lahirnya sosiologi
1. Revolusi Perancis
2. Perang dunia pertama
3. Perang dunia kedua
4. Revolusi industri
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 3
e. 1 dan 4
2. Ahli sosiologi yang mengemukakan istilah sosiologi untuk yang pertama kalinya adalah...
a. Ibnu Khaldun
b. Plato
c. Aristoteles
d. Emile Durkheim
e. Auguste Comte
3. Sosiologi dapat membuat suatu tahapan-tahapan mulai dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan maupun tahapan evaluasi, fungsi sosiologi tersebut termasuk dalam bidang...
a. Pembangunan
a. Masalah Sosial
b. Perencanaan Sosial
c. Penelitian
d. Profesi
4. Berikut ini yang termasuk contoh fungsi sosiologi sebagai perencanaan sosial, KECUALI...
a. Sosiologi memahami perkembangan kebudayaan masyarakat dari taraf tradisional sampai taraf modern
b. Sosiologi dapat digunakan dalam meneliti kehidupan masyarakat, misal masalah sosial, anak jalanan, dan sebagainya
c. Sosiologi memahami hubungan manusia dengan lingkungan alam, hubungan antar golongan, proses perubahan dan pengaruh penemuan baru.
d. Sosiologi memiliki disiplin ilmiah yang didasarkan atas obyektivitas
e. Dengan berpikir secara sosiologis, maka suatu perencanaan sosial dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat ketertinggalan dan kemajuan masyarakat dilihat dari sudut kebudayaan
5. Masalah sosial adalah masalah yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri (Roucek and Warren). Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Pernyataan tersebut termasuk kedalam fungsi sosiologi sebagai...
a. Pembangunan
b. Perencanaan Sosial
c. Masalah Sosial
d. Profesi
e. Penelitian
Jawaban dan Penskoran
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
E. 1 dan 4
|
20
|
2
|
E. August Comte
|
20
|
3
|
A. Pembangunan
|
20
|
4
|
B. Sosiologi dapat digunakan dalam meneliti kehidupan masyarakat, misal masalah sosial, anak jalanan, dan sebagainya
|
20
|
5
|
C. Masalah Sosial
|
20
|
- Nilai=∑ Skor Perolehan X 100
Skor Maksimal
Keterangan Nilai
A = 85-100 : Baik Sekali
B = 70-84 : Baik
C = 55-69 : Cukup
D = <55 span="" style="mso-spacerun: yes;"> 55>: Kurang
c. Penilaian hasil belajar ke-3
A. Pilihlah salah satu jawaban A,B,C,D atau E yang paling tepat dengan tanda silang (X)
1. Apa yang dimaksud dengan pengetahuan...
a. Ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia
b. Kesan didalam pikiran manusia sebagai hasil penggunaan panca indera.
c. Sesuatu hal yang telah di uji kebenarannya
d. Pengetahun yang bersumber dari pengalaman manusia dan bermanfaat bagi kehidupannya
e. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis
2. Berikut ini merupakan ciri-ciri sosiologi sebagai suatu ilmu, KECUALI...
1. Teoritis
2. Empiris
3. Sintesis
4. Kumulatif
5. Non Etis
a. 1,2 dan 4 b. 2, 4 dan 5 c. 1, 4 dan 5 d. 1,2 dan 5 e. 1,2 dan 4
3. Objek kajian sosiologi yaitu ...
a. Kumpulan manusia serta lingkungannya
b. Hubungan manusia dengan lingkungannya
c. Hubungan individu dengan kepribadiannya
d. Hubungan manusia dengan adat istiadat
e. Hubungan manusia dan interaksi dalam masyarakat
4. Berikut ini yang merupakan pengertian sosiologi menurut August Comte adalah...
a. Sosiologi merupakan ilmu positif tentang masyarakat sehingga dapat mengetahui, menjelaskan dan mengontrol masyarakat
b. Sosiologi adalah studi ilmiah mengenai hubungan antara masyarakat dan individu
c. Ilmu yang membahas mengenai tindakan sosial
d. Ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok-kelompok
e. Penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial
5. Dalam ilmu sosiologi terdapat berbagai macam konsep-konsep dasar, salah satunya adalah masyarakat. Apa yang disebut dengan masyarakat?
a. Sekelompok individu yang berkerumun dalam suatu tempat dan kemudian bubar kembali
b. Sekelompok individu yang mendiami suatu wilayah yang relatif lama, memiliki tujuan yang sama dan menghasilkan suatu kebudayaan
c. Subjek yang melakukan sesuatu, memiliki pikiran, mempunyai kehendak, memiliki kebebasan.
d. Suatu keseluruhan kompleks yang saling berhubungan dan saling ketergantungan
e. Hubungan-hubungan yang dihasilkan dari suatu interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia
6. Manakah dari pernyataan berikut ini yang melatar belakangi lahirnya sosiologi ...
1. Revolusi Perancis
2. Perang dunia pertama
3. Perang dunia kedua
4. Revolusi industri
a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 1 dan 3 e. 1 dan 4
7. Ahli sosiologi yang mengemukakan istilah sosiologi untuk yang pertama kalinya adalah...
a. Ibnu Khaldun d. Plato
b. Aristoteles e. Emile Durkheim
c. Auguste Comte
8. Sosiologi dapat membuat suatu tahapan-tahapan mulai dari tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan maupun tahapan evaluasi, fungsi sosiologi tersebut termasuk dalam bidang...
a. Pembangunan d. Penelitian
b. Masalah Sosial e. Profesi
c. Perencanaan Sosial
9. Berikut ini yang termasuk contoh fungsi sosiologi sebagai perencanaan sosial, KECUALI...
a. Sosiologi memahami perkembangan kebudayaan masyarakat dari taraf tradisional sampai taraf modern
b. Sosiologi dapat digunakan dalam meneliti kehidupan masyarakat, misal masalah sosial, anak jalanan, dan sebagainya
c. Sosiologi memahami hubungan manusia, hubungan antar golongan, proses perubahan dan pengaruh penemuan baru.
d. Berdiskusi dalam pembuatan kebijakan kenaikan upah minimum regional
e. Dengan berpikir secara sosiologis, maka suatu perencanaan sosial dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat ketertinggalan dan kemajuan masyarakat dilihat dari sudut kebudayaan
10. Masalah sosial adalah masalah yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri (Roucek and Warren). Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Pernyataan tersebut termasuk kedalam fungsi sosiologi sebagai...
a. Pembangunan d. Profesi
b. Perencanaan Sosial e. Penelitian
c. Masalah Sosial
B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat !
1. Jelaskan mengenai sejarah dan perkembangan sosiologi !
2. Jelaskan tiga konsep dasar sosiologi yang anda ketahui !
3. Jelaskan mengapa August Comte dijuluki sebagai bapak sosiologi !
4. Fungsi sosiologi salah satunya adalah dalam bidang penelitian bertugas untuk meneliti masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Sekarang anda seolah-olah adalah sosiolog dan anda diberi tugas untuk meneliti anak jalanan. Coba jelaskan mengenai :
a. Apa itu anak jalanan ?
b. Faktor apa yang menyebabkan banyaknya anak jalanan di kota-kota besar ?
c. Solusi apa yang anda berikan untuk meminimalisir tingginya anak jalanan di kota-kota besar ?
5. Apa yang dimaksud dengan gejala sosial dan apa hubungannya dengan masalah sosial serta berikan salah satu contohnya !
- Keterangan Skor
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
Skor Maksimal
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Tindak lanjut (sesuai KKM):
Jika rata-rata kelas ≥ 3.0 ketercapaian indikator → melanjutkan materi
Jika rata-rata kelas ≤ 3.0 ketercapaian indikator → remedial
- Remedial berupa penugasan pembuatan peta konsep mengenai bab perubahan sosial kemuadian dijelaskan secara lisan.
C. Penilaian (keterampilan)
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK PENGAMATAN
|
JML SKOR
|
NILAI
|
KET
| |||
KOMUNIKASI
|
WAWASAN
|
KERJA SAMA
|
PENGUASAAN AUDIENS
| |||||
KETERANGAN SKOR
MASING-MASING KOLOM DIISI DENGAN KRITERIA :
4 = BAIK SEKALI
3 = BAIK
2 = CUKUP
1 = KURANG
NILAI = NILAI TERBESAR
b. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
Presentasi Power point, Gambar-gambar, video perubahan sosial, laptop, speaker,
LCD
2. Bahan
Kertas dan solatip,
3. Sumber Belajar
Maryati dan Jujun, 2013. Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Esis
Setiadi Elly dan Kolip Usman. 2006. Pengantar Sosiologi. Bandung : Kencana
Mengetahui, Cianjur, Agustus 2015
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran
Agam Supriyanta M, M.Pd Fani Julia Putri, S.Pd
NIP. 196912271994121001
Ibu kapan ke smanda lagi, kataa bu hanifah ibu ngelanjutin ke s2 yaa bu, udah lamaa ngga liat ibu kitaa kangen ibu... bentar lagii kitaa keluarr bu doain yaa bu harus lulus semua terus dapet nilainya maksimal, ohiyaa buu sekarang adji dah punyaa pacar wkwkwk
BalasHapus