CONTOH RPP SOSIOLOGI TERBARU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RPP 1 DARI 16 PERTEMUAN

Satuan Pendidikan             : SMA Negeri 2 Cianjur
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Kelas /Semester                  : XI/Genap
Materi Pokok                      : Integrasi dan Disintegrasi Sosial
Sub Materi                          : Konflik dan dampak konflik
Alokasi waktu                    : 1 X 2 JP

A.    Kompetensi Inti (KI)


KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku a. jujur, b. disiplin, c. santun, d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), e. bertanggung jawab, f. responsif, dan g. pro-aktif, Dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI-3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang a. ilmu pengetahuan, b. teknologi, c. seni, d. budaya, dan e. Humaniora. Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4:Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: a. efektif, b. kreatif, c. produktif, d. kritis, e. mandiri, f.  kolaboratif, g. komunikatif, dan h. solutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar (KD)
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5


4.5
Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
Melakukan penelitian sederhana yang berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di sekitar masyarakat
3.5.1


4.5.1
Menganalisis konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial

Merancang penelitian sosial menggunakan metode pemetaan berkaitan dengan upaya integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya menyelesaikan konflik dan mewujudkan perdamaian dan kehidupan masyarakat yang harmonis melalui langkah-langkah seperti identifikasi kebutuhan,analisis kepentingan dan pemecahan masalah dengan mengajukan rekomendasi

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL), peserta didik mampu menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat dan melakukan penelitian sederhana yang berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di sekitar masyarakat dengan memiliki sikap gotong royong.

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan
Materi
1
Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi social

E.     Model Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan sintak pembelajan diantaranya mengorintasikan siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan artefak (hasil karya) dan mempamerkannya, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

F.     Media Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan media audio visual dengan menampilkan gambar dan video dalam power point serta menggunakan laptop dan infokus.

G.    Sumber Belajar

Maryati, Kun dan Suryawati, Juju. (2013). Buku Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta : Esis (hlm. 124-125)
Rufikasari, Lia Candra. (2016). Buku Siswa Sosiologi untuk SMA/MA XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Surakarta : Mediatama (hlm. 159-163)


H.    Langkah-langkah Pembelajaran


Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Problem Based Learning











Mengorientasi peserta didik pada masalah






Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran


Membimbing Penyelidikan Mandiri




Mengembangkan dan Menyajikan Karya






Analisis dan Evaluasi
1.        Guru mengajak berdoa’a sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
2.        Mengkondisikan siswa agar berkonsentrasi dengan cara presensi siswa satu persatu
3.        Membangun apersepsi dengan menanyakan materi tentang konflik yang pernah terjadi pada peserta didik
4.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5.        Guru menyampaikan rencana penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang akan dinilai
10 menit
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
a.       Peserta didik mengamati video dan gambar mengenai konflik sosial
b.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang konflik dan dampaknya bagi masyarakat




2. Menanya
a. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang tidak dimengerti
3. Mengeksplorasi                     
a.       Setelah mendengarkan penjelasan guru, guru membentuk peserta didik dalam 6 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan  5-6 orang
b.      Guru mempersilahkan siswa untuk mencari permasalahan mengenai konflik di sekitar dan membuat rumusan masalah yang akan dijadikan sebagai kajian penelitian
c.       Peserta didik saling bertukar pendapat untuk menjawab tugas yang di berikan oleh guru
4. Menganalisis
a.       Saat mencari topik penelitian peserta didik dapat melihat kasus-kasus konflik sosial di internet sebagai bahan perbandingan dan sumber penelitian
b.      Peserta didik saling berbagi tugas antar anggota kelompok untuk membuat rumusan masalah sebagai bahan kajian dalam penelitian sosial
5. Mengkomunikasikan
a.         Perwakilan kelompok mempresentasikan topik penelitian dan rumusan masalah kepada teman-temannya
70 menit
Kegiatan Penutup
1.        Menyimpulkan
Guru dan peserta didik bersama-sama menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
2.      Guru melakukan refleksi dan  evaluasi tes tulis pilihan ganda mengenai pelaksanaan pembelajaran hari itu
3.      Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan ucapan hamdalah
5.      Guru mengucapkan salam
10 menit


I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.      Penilaian Sikap

                        
No
Hari dan
Tanggal
Nama Peserta Didik
Asal Kelas
Kejadian Perilaku
Butir Sikap
Kategori
Tindak Lanjur
+
-











2.      Penilaian Pengetahuan

Jenis : Tes Tulis
Bentuk : Pilihan Ganda
Kisi-kisi soal
No Soal
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator soal
Level Kognitif
1
Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat

Menganalisis konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
Disajikan berbagai pengertian mengenai konflik. Peserta didik dapat memahami pengertian konflik dengan tepat
Pemahaman
2
Disajikan berbagai dampak dari konflik, peserta didik dapat mengklasifikasikan dampak negatif dari konflik
Aplikatif
3
Disajikan gambar mengenai struktur sosial. Peserta didik dapat menganalisis akibat dari struktur sosial tersebut.
Penalaran dan logika
4
Disajikan pemaparan mengenai akibat dari masyarakat multikultural. Peserta didik dapat menganalisis dampak dari masyarakat multikultural.
Penalaran dan logika
5
Disajikan pernyataan-pernyataan mengenai pemicu konflik sosial. Peserta didik dapat menganalisis mengenai pemecahan masalah tersebut.
Penalaran dan logika

Instrumen
No Soal
Butir Soal
Kunci Jawaban
1
Manakah pernyataan berikut ini yang menggambarkan definisi konflik !
a.       Konflik merupakan sebuah pertikaian
b.      Konflik merupakan salah satu bentuk disintegrasi sosial
c.       Konflik merupakan proses sosial dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain
d.      Konflik berarti saling memukul
e.       Konflik ialah pertentangan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya
C
2
Perhatikan dampak konflik berikut ini :
1)      Dapat merusak harta benda
2)      Membuat kelompok in-grup bersatu
3)      Menimbulkan keresahan
4)      Menciptakan reintegrasi sosial
5)      Adanya rasa ingin balas dendam
Dari pernyataan di atas, yang termasuk dampak negatif konflik ialah .... .
a.       1, 2 dan 3
b.      1, 3, dan 5
c.       2, 3 dan 5
d.      2, 4 dan 5
e.       3, 4 dan 5
B
3
Oval: Manado
Nelayan
Oval: Ambon
Nelayan
Perhatikan struktur sosial berikut !



Struktur sosial pada gambar di atas berpotensi terhadap terjadinya ....
a.       Konflik sosial
b.      Mobilitas sosial
c.       Diferensiasi sosial
d.      Stratifikasi sosial
e.       Integrasi sosial
A
4
Pengaruh kemajemukan sosial terhadap kesinambungan masyarakat dapat berupa potensi terjadinya ....
a.       Persatuan atau kesatuan
b.      Solidaritas atau integrasi
c.       Etnosentrisme atau konflik
d.      Interseksi atau integrasi
e.       Konflik atau integrasi
E
5
Perhatikan pemicu konflik berikut !
1)   Indonesia memiliki corak budaya yang beragam
2)   Memiliki mata pencaharian yang berbeda
3)   Ragam kesenian dari daerah berbeda
4)   Terjadi keragaman agama yang dianut
5)   Terdiri dari suku bangsa dan bahasa daerah yang berbeda
Berdasarkan pernyataan di atas, cara yang tepat agar masyarakat saling berintegrasi ialah ....
a.       Menanamkan budaya toleransi sesama
b.      Menjunjung tinggi persatuan daerah
c.       Mengamalkan pancasila
d.      Meneladani sifat para pemimpin
e.       Mentaati UUD 1945 sementara

C
Pedoman penilaian
Setiap soal yang betul nilai 5, salah nilai 2
Skor maksimum 5 x 5 = 25
Nilai akhir : Jumlah skor perolehan      X 100
                    Jumlah skor maksimum



3.      Penilaian Keterampilan

(Terlampir)















         Mengetahui,                                                          Cianjur, 8 Maret 2019
    Kepala Sekolah                                                         Guru mata pelajaran



Dr. Agam Supriyanta M, M.Pd                                        Fani Julia Putri, M.Pd
                        NIP. 196912271994121001





PENILAIAN KETERAMPILAN
Lembar Penilaian Hasil Diskusi
Bahan Diskusi : Menganalisis kasus konflik sosial dan menganalisis rumusan masalah
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai Kuantitatif
Nilai Kualitatif
Deskripsi
Kerjasama kelompok



Kesesuaian topik penelitian dan rumusan masalah



Kejelasan rumusan masalah











Ringkasan Materi
Sub Materi : Konflik dan dampak konflik
Konflik berasal dari kata kerja latin, configere, yang berarti saling memukul. Konflik sosial adalah bentuk proses sosial dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menjatuhkan atau membuat pihak lain tidak berdaya.
Indonesia merupakan negara dengan masyarakat multikultural sehingga konflik cenderung muncul. Konflik yang terjadi saat ini diantaranya konflik dalam pemilihan presiden, konflik antara artis Luna Maya dengan Syahrini, konflik mengenai penayangan film Dilan serta konflik agama mengenai penyebutan istilah kafir dan non muslim.
Konflik menimbulkan dampak positif dan dampak negatif di masyarakat. Dampak positif konflik diantaranya :
1)      Meningkatkan solidaritas sesama anggota kelompok (in-group solidarity)
2)      Konflik dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas atau belum tuntas ditelaah.
3)      Memungkinkan adanya penyesuaian kembali nilai dan norma
4)      Merupakan jalan untuk mengurangi ketergantungan antar individu dan kelompok.
5)      Sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan antara kekuatan-kekuatan yang ada di dalam masyarakat.
6)      Memunculkan suatu kompromi baru apabila pihak yang berkonflik berada dalam kekuatan yang seimbang.
Adapun dampak negatif dari konflik diantaranya
1)      Keretakan hubungan antar individu atau kelompok.
2)      Perubahan kepribadian para individu.
3)      Kerusakan harta benda dan bahkan hilangnya nyawa manusia.
4)      Adanya dominasi kelompok bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam pertikaian.
5)      Timbulnya anarkisme
6)      Adanya keresahan dalam masyarakat




Komentar

Postingan Populer