RPP Sosiologi


oleh : Fani Julia Putri

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                       : SMA N 2 Cianjur
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Materi                          : Masalah sosial
Kelas/semester            : XI/I
Alokasi waktu             : 2 X 45 menit

A.    Kompetensi Inti

KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3    : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4    :     Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar

2.1       Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat
2.2.1    Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki  tanggungjawab publik dalam menghadapi permasalahan sosial
2.2.2    Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
3.2         Mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat
4.2       Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi tentang permasalahan sosial yang
            muncul di masyarakat.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

1.2.1        Mampu menghayati ajaran agama dalam menghadapi berbagai masalah sosial.
2.2.1         Merespon positif masalah sosial yang ada di sekelilingnya.
3.2.1        Menjelaskan pengertian masalah sosial
3.2.2        Menjabarkan kemiskinan sebagai masalah sosial
4.2.1    Menganalisis kemiskinan sebagai masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar peserta didik.
4.2.2    Mengamati dan berdiskusi kemiskinan sebagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

D.    Materi Pembelajaran

1.    Materi Reguler

a.    Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial adalah ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.
b.    Kemiskinan sebagai masalah sosial
1)   Pengertian kemiskinan
    Kemiskinan adalah kondisi standar hidup yang sangat rendah
2)   Jenis kemiskinan
a)      Kemiskinan absolut : mengacu pada kurangnya sumber daya yang diperlukan untuk kesejahteraan
b)      Kemiskinan relatif : mengacu pada kurangnya sumberdaya material dan ekonomi dibandingkan dengan penduduk lainnya
3)   Faktor penyebab kemiskinan
a)        Faktor pribadi
b)        Faktor geografis
c)        Faktor ekonomis
d)       Faktor sosial
4)   Dampak kemiskinan
5)   Upaya penanggulangan kemiskinan

2.    Materi Remedial

Diadopsi dari buku Erlangga KTSP hal 154

3.    Materi Pengayaan

Diadopsi dari buku Pengantar Sosiologi hal.310

E.     Kegiatan Pembelajaran

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Problem Based Learning
















Mengorientasi peserta didik pada masalah


Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran










Membimbing Penyelidikan Mandiri














Mengembangkan dan Menyajikan Karya




Analisis dan Evaluasi
Guru berupaya menciptakan situasi yang kondusif agar peserta didik siap untuk belajar, hal tersebut dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Guru memasuki kelas dan mengucapkan salam
2.   Guru membuka pelajaran dengan membaca doa bersama peserta didik
3.   Guru memeriksa kehadiran peserta didik
4.   Guru mengemukakan apersepsi dengan cara menampilkan video lucu untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik
6 menit
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
a.       Peserta didik mengamati video dan gambar mengenai kemiskinan sebagai masalah sosial
b.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kemiskinan sebagai masalah sosial
2. Menanya
a. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang tidak dimengerti
a.       Guru menginformasikan kembali bahwa setiap peserta didik yang bertanya, memberikan sanggahan, memberikan jawaban dalam diskusi kelas atau kelompok diberi penilaian plus (agar peserta didik berusaha aktif dalam pembelajaran)
3. Mengeksplorasi                     
a.       Setelah mendengarkan penjelasan guru, guru membentuk peserta didik dalam 6 kelompok masing-masing kelompok beranggotakan  5-6
b.      Guru memberikan bahan diskusi berupa artikel mengani kemiskinan
c.       Peserta didik di harapkan mencari data penyebab, dampak dan solusi dari kemiskinan yang terdapat dalam artikel
d.      Peserta didik saling bertukar pendapat untuk menjawab tugas yang di berikan oleh guru yaitu tentang kemiskinan.
4. Menganalisis
a.       Peserta didik saling berbagi tugas antar anggota kelompok untuk menjawab permasalahan kemiskinan yang terdapat dalam artikel
b.      Setelah menemukan jawaban mengenai penyebab, dampak dan solusi pemecahan masalah kemiskinan tersebut antara anggota kelompok menganalisis jawaban yang disesuaikan dengan materi pembelajaran bisa dari catatan, buku maupun internet.
5. Mengkomunikasikan
a.         Perwakilan kelompok mempresentasikan tugas kelompok mengenai kemiskinan kepada teman-temannya
70 menit
Kegiatan Penutup
1.         Menyimpulkan
Guru dan peserta didik bersama-sama menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
2.      Guru melakukan evaluasi esai mengenai pelaksanaan pembelajaran hari itu
3.      Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan ucapan hamdalah
5.      Guru mengucapkan salam
14 menit

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1.      Teknik Penilaian

Guru melakukan penilaian selama dan setelah kegiatan pembelajaran. Penilaian dilakukan guru atas semua   kegiatan yang dilakukan peserta didik baik penilaian sikap, kognitif dan keterampilan. Instrumen sikap menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama, toleransi. Instrumen keterampilan menggunakan lembar kinerja presentasi  dengan fokus utama pada penyampaian materi, penggunaan waktu, cara mengemukakan pendapat dan berpikir kritis, dan kelancaran penampilan. Instrumen kognitif menggunakan tes tertulis dalam berbagai bentuk dan penugasan.

2.      Instrumen Penilaian

a.    Penilaian Sikap

Mata Pelajaran        : Sosiologi
Kelas/Semester       : XI/ 1
Topik/Sub Topik     : Permasalahan sosial

No
Nama Peserta Didik
INDIKATOR
Disiplin
Santun
Toleran
Empati
Proaktif
Tanggung Jawab
Jml Skor










1, Tidak pernah berperilaku dalam KBM                                       3, Sering Berperilaku dalam KBM
2 Kadang-kadang berperilaku dalam KBM                                                4, Selalu berperilaku dalam KBM

b.    Penilaian Kognitif

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.    Menjabarkan kemiskinan sebagai masalah sosial

 Tes tertulis
Uraian
1.    Apa yang dimaksud dengan kemiskinan?
2.    Bagaiman kemiskinan bisa terjadi?
3.    Bagaimana strategi penanggulangan kemiskinan?

Kunci dan Pedoman Penskoran
No
Kunci Jawaban
Skor
1.

2.












3.



Kondisi standar hidup yang rendah, bahkan kebutuhan dasar pun tidak dapat terpenuhi.
Kemiskinan terjadi karena berbagai faktor diantaranya
a.  Faktor pribadi
Penyakit mental, kecelakaan, buta huruf, pemborosan, demoralisasi.
b. Faktor geografis
Iklim dan cuaca yang kurang baik, sumber daya alam kurang memadai, bencana alam
c.  Faktor ekonomi
Distribusi kekayaan tidak merata, depresi ekonomi, pengangguran, penimbun kekayaan, sebab-sebab pertanian
d. Faktor sosial
Sistem pendidikan yang kurang baik, pemukiman yang kumuh, salah kelola rumah tangga
-          Mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin
-          Meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin
-          Mengembangkan usaha mikro dan kecil
-          Menyinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan
5


20






15

Total Skor
40

c.       Penilaian Keterampilan

Mata Pelajaran          : Sosiologi
Kelas/Semester         : XI/ 1
Topik/Sub Topik       : Permasalahan sosial
No
Aspek yang Dinilai
4
3
2
1
1
Penyampaian materi
Menyampaikan materi secara singkat, padat dan jelas dengan sangat baik
Menyampaikan materi secara singkat, padat dan jelas dengan  baik
Menyampaikan materi secara singkat, padat dan jelas dengan cukup baik
Menyampaikan materi secara singkat, padat dan jelas dengan kurang baik
2
Penggunaan Waktu
Menggunakan waktu presentasi dengan sangat  efektif dan efisien.
Menggunakan waktu presentasi dengan efektif dan efisien.
Menggunakan waktu presentasi dengan cukup   efektif dan efisien.
Menggunakan waktu presentasi dengan kurang   efektif dan efisien.
3
Cara mengemukakan pendapat dan berpikir kritis
Mampu mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis dengan sangat baik
Mampu mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis dengan  baik
Mampu mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis dengan cukup baik
Kurang mampu mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis.
4
Kelancaran dan penampilan
Mampu memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan sangat baik
Mampu memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan baik
Mampu memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan cukup baik
Mampu memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan kurang baik.
              Rubrik penilaian presentasi

TABEL PENILAIAN PRESENTASI HASIL DISKUSI
NAMA KELOMPOK
ASPEK YG DI NILAI
JUMLAH
KRITERIA
Penyampaian materi
Penggunaan Waktu
Cara mengemukakan pendapat dan berpikir kritis
Kelancaran dan penampilan
KEL.1






KEL.2






KEL.3






KEL.4






KEL.5






KEL.6







Aturan Penskoran dalam laporan hasil diskusi= 4x4=12
A= 12-10 (Sangat Baik)
B= 9-7 (Baik)
C= 6-4 (Cukup Baik)
D= >4 (Kurang Baik)

3.      Penilaian Remedial dan Pengayaan

a.    Penilaian Remedial
Ujian lisan 5 soal mengenai materi kemiskinan sebagai masalah sosial sesuai dengan buku Erlangga KTSP hal 154.
Pedoman penskoran : masing-masing soal diberi skor maksimal 8. Maka nilai maksimal 8 X 5 = 40
b.    Penilaian Pengayaan
Mengkaji materi hal. 315 pada buku Pengantar Sosiologi karangan Soerjono Soekanto

G.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

a.         Media/Alat         :  Perangkat presentasi (Laptop, LCD proyektor, dan
powerpoint), Peta konsep, Video dan Lingkungan sekitar
b.          Bahan                 :  Gambar, video, artikel
c.         Sumber Belajar  :
Maryati, Kun dan Suryawati, Jujun. (2007). Sosiologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta: Esis.
Murdiyatmoko, Janu. (2007). Sosiologi :Memahami dan Mengkaji Masyarakat untuk kelas XI. Jakarta: Grafindo Media Pratama
Soekanto, Soerjono. (2006). Pengantar Sosiologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Suryawati, Juju. (2014). Sosiologi : Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta : Esis



         Mengetahui,                                                      Cianjur,16 November 2015
    Kepala Sekolah                                                         Guru mata pelajaran



Agam Supriyanta M, M.Pd                                            Fani Julia Putri, S.Pd
                        NIP. 196912271994121001


Komentar

Postingan Populer