RPP Sosiologi
oleh : Fani Julia Putri
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA N 2 Cianjur
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Materi : Masalah sosial
Kelas/semester : XI/I
Alokasi
waktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung
tinggi keharmonisan dalam
kehidupan bermasyarakat
2.2.1 Menumbuhkan
kesadaran individu untuk memiliki
tanggungjawab publik dalam menghadapi
permasalahan sosial
2.2.2 Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
3.2 Mengidentifikasi
berbagai permasalahan sosial yang muncul dalam masyarakat
4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan
diskusi tentang permasalahan sosial yang
muncul di masyarakat.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1
Mampu menghayati ajaran
agama dalam menghadapi berbagai
masalah sosial.
2.2.1
Merespon positif masalah sosial yang ada di
sekelilingnya.
3.2.1
Menjelaskan pengertian
masalah sosial
3.2.2
Menjabarkan kemiskinan sebagai masalah sosial
4.2.1 Menganalisis kemiskinan sebagai masalah sosial yang ada di
lingkungan sekitar peserta didik.
4.2.2 Mengamati dan berdiskusi kemiskinan sebagai masalah sosial yang
terjadi di masyarakat.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Reguler
a. Pengertian Masalah Sosial
Masalah sosial adalah ketidak sesuaian antara
unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok
sosial.
b. Kemiskinan sebagai masalah sosial
1) Pengertian kemiskinan
Kemiskinan adalah kondisi standar hidup yang sangat rendah
2) Jenis kemiskinan
a) Kemiskinan absolut : mengacu
pada kurangnya sumber daya yang diperlukan untuk kesejahteraan
b) Kemiskinan relatif : mengacu
pada kurangnya sumberdaya material dan ekonomi dibandingkan dengan penduduk
lainnya
3) Faktor penyebab kemiskinan
a)
Faktor pribadi
b)
Faktor geografis
c)
Faktor ekonomis
d)
Faktor sosial
4) Dampak kemiskinan
5) Upaya penanggulangan kemiskinan
2. Materi Remedial
Diadopsi dari
buku Erlangga KTSP hal 154
3. Materi Pengayaan
Diadopsi
dari buku Pengantar Sosiologi hal.310
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Problem Based Learning
Mengorientasi peserta didik pada masalah
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
Membimbing Penyelidikan Mandiri
Mengembangkan dan Menyajikan Karya
Analisis dan Evaluasi
|
Guru berupaya
menciptakan situasi yang kondusif agar peserta didik siap untuk belajar, hal
tersebut dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
1. Guru
memasuki kelas dan mengucapkan salam
2. Guru
membuka pelajaran dengan membaca doa bersama peserta didik
3. Guru
memeriksa kehadiran peserta didik
4. Guru
mengemukakan apersepsi dengan cara menampilkan video lucu untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik
|
6
menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Mengamati
a.
Peserta didik mengamati video dan gambar mengenai kemiskinan sebagai masalah sosial
b.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kemiskinan sebagai masalah sosial
2.
Menanya
a.
Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang tidak
dimengerti
a.
Guru
menginformasikan kembali bahwa setiap peserta didik yang bertanya, memberikan
sanggahan, memberikan jawaban dalam diskusi kelas atau kelompok diberi
penilaian plus (agar peserta didik berusaha aktif dalam pembelajaran)
3. Mengeksplorasi
a.
Setelah mendengarkan penjelasan guru, guru membentuk
peserta didik dalam 6 kelompok masing-masing kelompok
beranggotakan 5-6
b.
Guru memberikan bahan diskusi berupa artikel mengani kemiskinan
c.
Peserta didik di harapkan mencari data penyebab, dampak dan solusi dari kemiskinan yang terdapat dalam
artikel
d.
Peserta didik saling bertukar pendapat untuk menjawab tugas yang di berikan oleh guru yaitu tentang kemiskinan.
4. Menganalisis
a.
Peserta didik saling berbagi tugas antar anggota kelompok untuk menjawab permasalahan kemiskinan yang
terdapat dalam artikel
b.
Setelah menemukan jawaban mengenai penyebab,
dampak dan solusi pemecahan masalah kemiskinan tersebut antara
anggota kelompok menganalisis jawaban yang disesuaikan dengan materi
pembelajaran bisa dari catatan, buku maupun internet.
5.
Mengkomunikasikan
a.
Perwakilan
kelompok mempresentasikan tugas kelompok mengenai kemiskinan kepada teman-temannya
|
70
menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Menyimpulkan
Guru dan peserta didik bersama-sama menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan
2. Guru
melakukan evaluasi esai
mengenai pelaksanaan pembelajaran hari itu
3. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
4. Guru
bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan ucapan hamdalah
5. Guru
mengucapkan salam
|
14
menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
Guru
melakukan penilaian selama dan setelah kegiatan pembelajaran. Penilaian
dilakukan guru atas semua kegiatan yang
dilakukan peserta didik baik penilaian sikap, kognitif dan keterampilan. Instrumen sikap
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok,
tanggungjawab, dan kerjasama, toleransi. Instrumen keterampilan
menggunakan lembar kinerja presentasi
dengan fokus utama pada penyampaian materi, penggunaan
waktu, cara
mengemukakan pendapat dan berpikir kritis, dan kelancaran penampilan. Instrumen kognitif menggunakan
tes tertulis dalam berbagai bentuk dan penugasan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI/ 1
Topik/Sub Topik : Permasalahan sosial
No
|
Nama Peserta Didik
|
INDIKATOR
|
||||||
Disiplin
|
Santun
|
Toleran
|
Empati
|
Proaktif
|
Tanggung Jawab
|
Jml Skor
|
||
1, Tidak
pernah berperilaku dalam KBM 3,
Sering Berperilaku dalam KBM
2
Kadang-kadang berperilaku dalam KBM 4,
Selalu berperilaku dalam KBM
b. Penilaian Kognitif
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Menjabarkan
kemiskinan sebagai masalah sosial
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Apa
yang dimaksud dengan kemiskinan?
2. Bagaiman kemiskinan bisa terjadi?
3. Bagaimana strategi penanggulangan kemiskinan?
|
Kunci dan Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Kondisi
standar hidup yang rendah, bahkan kebutuhan dasar pun tidak dapat terpenuhi.
Kemiskinan
terjadi karena berbagai faktor diantaranya
a. Faktor pribadi
Penyakit mental, kecelakaan,
buta huruf, pemborosan, demoralisasi.
b. Faktor geografis
Iklim dan cuaca yang kurang
baik, sumber daya alam kurang memadai, bencana alam
c. Faktor ekonomi
Distribusi kekayaan tidak
merata, depresi ekonomi, pengangguran, penimbun kekayaan, sebab-sebab
pertanian
d. Faktor sosial
Sistem pendidikan yang kurang
baik, pemukiman yang kumuh, salah kelola rumah tangga
-
Mengurangi
beban pengeluaran masyarakat miskin
-
Meningkatkan
kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin
-
Mengembangkan
usaha mikro dan kecil
-
Menyinergikan
kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan
|
5
20
15
|
Total Skor
|
40
|
c. Penilaian Keterampilan
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/Semester :
XI/ 1
Topik/Sub Topik :
Permasalahan sosial
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Penyampaian
materi
|
Menyampaikan
materi secara singkat, padat dan jelas dengan sangat baik
|
Menyampaikan
materi secara singkat, padat dan jelas dengan
baik
|
Menyampaikan
materi secara singkat, padat dan jelas dengan cukup baik
|
Menyampaikan
materi secara singkat, padat dan jelas dengan kurang baik
|
2
|
Penggunaan
Waktu
|
Menggunakan
waktu presentasi dengan sangat efektif
dan efisien.
|
Menggunakan
waktu presentasi dengan efektif dan efisien.
|
Menggunakan
waktu presentasi dengan cukup efektif
dan efisien.
|
Menggunakan
waktu presentasi dengan kurang
efektif dan efisien.
|
3
|
Cara
mengemukakan pendapat dan berpikir kritis
|
Mampu
mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis dengan sangat baik
|
Mampu
mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis dengan baik
|
Mampu
mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis dengan cukup baik
|
Kurang mampu
mengemukakan pendapat secara sistematis dan kritis.
|
4
|
Kelancaran
dan penampilan
|
Mampu memprsentasikan
materi dengan lancar dan penampilan sangat baik
|
Mampu
memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan baik
|
Mampu
memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan cukup baik
|
Mampu
memprsentasikan materi dengan lancar dan penampilan kurang baik.
|
Rubrik penilaian presentasi
TABEL PENILAIAN
PRESENTASI HASIL DISKUSI
NAMA KELOMPOK
|
ASPEK
YG DI NILAI
|
JUMLAH
|
KRITERIA
|
|||
Penyampaian materi
|
Penggunaan Waktu
|
Cara mengemukakan
pendapat dan berpikir kritis
|
Kelancaran dan penampilan
|
|||
KEL.1
|
||||||
KEL.2
|
||||||
KEL.3
|
||||||
KEL.4
|
||||||
KEL.5
|
||||||
KEL.6
|
Aturan Penskoran
dalam laporan hasil diskusi= 4x4=12
A= 12-10 (Sangat Baik)
B= 9-7 (Baik)
C= 6-4 (Cukup Baik)
D= >4 (Kurang Baik)
3. Penilaian Remedial dan Pengayaan
a. Penilaian Remedial
Ujian lisan 5 soal mengenai materi kemiskinan sebagai
masalah sosial sesuai dengan buku Erlangga KTSP hal 154.
Pedoman penskoran : masing-masing soal diberi skor
maksimal 8. Maka nilai maksimal 8 X 5 = 40
b. Penilaian Pengayaan
Mengkaji materi hal. 315 pada buku Pengantar
Sosiologi karangan Soerjono Soekanto
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a.
Media/Alat :
Perangkat presentasi (Laptop, LCD proyektor, dan
powerpoint), Peta konsep, Video dan Lingkungan sekitar
b.
Bahan : Gambar, video, artikel
c.
Sumber Belajar :
Maryati, Kun
dan Suryawati, Jujun. (2007). Sosiologi
untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta: Esis.
Murdiyatmoko,
Janu. (2007). Sosiologi :Memahami dan Mengkaji Masyarakat untuk kelas XI. Jakarta:
Grafindo Media Pratama
Soekanto,
Soerjono. (2006). Pengantar Sosiologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Suryawati,
Juju. (2014). Sosiologi : Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta :
Esis
Mengetahui, Cianjur,16 November 2015
Kepala
Sekolah Guru mata pelajaran
Agam
Supriyanta M, M.Pd Fani Julia Putri, S.Pd
NIP. 196912271994121001
Komentar
Posting Komentar